Memelihara Tokek

Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa informasi mengenai pemeliharaan Tokek yang mana bertujuan MEMELIHARA. Bukan seperti pengepul dalam jumlah besar. Kalau seperti itu cukup dibuatkan gudang dan taruh semua disana , sudah selesai . Sudah bukan rahasia lagi jika sudah ada yang dikeringkan lalu diexport. Karena jika dikeringakan tidak mempengarui berat ataupun ukuran. Menurut para pengepul yang saya tanya. Berikut informasi yang bisa kami sampaikan berdasarkan sharing dengan beberapa peternak sekaligus pengepul Tokek .


  1. Tahan lapar, serta tahan cuaca , Jadi kalo gak diberi makan selama 1 minggu atau 2 minggu, itu tidak ada masalah. Ataupun dicuaca panas atau dingin itu juga tidak masalah.
  2. Agak kanibal , Jadi jika dia kumpul jadi 1 kandang, dan merasa lapar,dia bersifat kanibal. Dia mempunyai pedoman siapa yang kuat dia yang menang, jadi ada hukum rimba di sini. Jadi saran saya 1 kandang 1 . Supaya tidak ada persaingan makanan.
  3. Mudah stres , Dan Karena yang gampang stres, maka sekali diletakan dikandang, jangan dipindah pindah lagi baik maupun kandangnya. Tujuannya supaya tidak stres yang mana mengurangi nafsu makan. Sebenarya kematian sebaian besar diakibatkan oleh stres.
  4. Penempatan kandang diusahakan cari tempat yang sesuai. Tempatnya usahakan di luar, kalo bisa dibawah pohon. Tujuanya supaya tetap merasa di alam.
  5. Untuk adaptasi dari ditangkap dan masuk kandang, biasanya tidak mau makan selama 2 minggu ato bahkan lebih. Tapi jika kandang dibuat dari kayu, adaptasi akan menjadi lebih cepat. Jadi kami sarankan buat kandang dari kayu.
  6. Tujuan memisahkan per kandang yaitu supaya tidak bertelur atau berkembang biak. Karena tujuan utama kita yaitu membesarkan bukan membudidayakan.
  7. Untuk ukuran kandang bebas, syaratnya harus dari kayu, dan agak gelap. di maksud gelap semua tertutup kecuali pintu mengunakan kawat streamin. Dan usahakan max 2 ekor dalam 1 kandang. kebanyakan menggunakan bekas lemari baju dari kayu, di modif dengan pintu menggunakan kawat streamin.
  8. Untuk makanan, menurut dokter hewan. belum ada obat atau vitamin yang bisa membesarkan binatang ini. Tapi dia memberi saran, bahwa serangga adalah makanan favorit . Ini akan merangsang menjadi lebih besar. Dalam hal ini menggunakan jangkrik sebagai makanan . bisa juga kita memberikan makan Nasi di campur dengan telur ayam.

Untuk kenaikan berapa ons atau berapa lama, itu tidak bisa diprediksi. Demikian semoga bermanfaat